Anggaran KUR Rp253 T, Ini Syarat Alumni Kartu Prakerja untuk Dapat Kredit Super Mikro

- 9 April 2021, 09:45 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat sosialisasi program KUR Super Mikro bagi alumni Kartu Prakerja, Kamis, 8 April 2021.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat sosialisasi program KUR Super Mikro bagi alumni Kartu Prakerja, Kamis, 8 April 2021. /Twitter.com/@PerekonomianRI

HALLO BOGOR - Pemerintah meningkatkan target penyaluran pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun 2021 sebesar Rp253 triliun atau meningkat dari tahun 2020 yang realisasinya mencapai  Rp190 triliun.

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan upaya penggenjotan penyaluran KUR tersebut diimbangi dengan beberapa program relaksasi kredit mikro.

Antara lain melalui penyediaan KUR Super Mikro yang dikhususkan bagi para alumni penerima bantuan Kartu Prakerja yang berminat berwirausaha.

Baca Juga: Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Ini Koleksi Terbaru Rumah Mode Buttonscarves

Sejumlah jurus lain yang dilakukan pemerintah untuk menggenjot penyaluran KUR adalah perpanjangan subsidi bunga KUR 3 persen, yang semula akan berakhir Juni 2021 diperpanjang menjadi Desember 2021.

Baca Juga: Presiden Targetkan Investasi Rp2.800 Triliun, Ternyata Dari Sini Sumber Dananya

“Pemerintah juga sudah me-review program KUR ini yang semula bebas jaminan atau bebas agunan yang besarnya kurang dari Rp50 juta sedang di-review untuk bebas agunan sampai Rp100 juta,” jelas Airlangga saat Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja melalui Pembiayaan KUR di Jakarta, Kamis, 8 April 2021.

Baca Juga: Ahok Berbagi Pengalaman dengan Gibran, Soal Tata Kota Sampai Gaya Kepemimpinan

Airlangga mengatakan alasan penyediaan KUR Super Mikro didasarkan atas hasil survei Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, dimana permodalan menjadi tantangan utama bagi para wirausahawan dan pinjaman melalui KUR bisa menjadi solusi permodalan.

Baca Juga: Cegah Paham Radikal dan Teroris, Begini Pesan Putri Indonesia 2020 kepada Kaum Milenial

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X