Swasta Boleh Undang Investor Asing untuk Pembangunan IKN, Begini Persyaratannya

- 8 April 2021, 15:42 WIB
Kepala Bappenas RI Suharso Monoarfa.
Kepala Bappenas RI Suharso Monoarfa. /Dok. Bappenas.go.id

HALLO BOGOR – Pemerintah memberi keleluasaan kepada kalangan swasta untuk mengundang investor asing untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat wawancara daring di Jakarta, Rabu, mengatakan ingin memberikan tantangan kepada pengusaha swasta nasional untuk melibatkan mitra asingnya dalam pembangunan IKN baru tersebut.

“Kita memberi tantangan kepada para pengusaha swasta nasional, silakan mengundang partner asingnya. Jadi bukan pemerintah yang mengundang investor asing," ujarnya.

Baca Juga: Legislator Marah, Sarankan Rusia Blokir Zoom, Begini Argunentasi Alexander Bashkin

Menteri Suharso, menyebutkan pembangunan IKN merupakan playing ground baru bagi para pengusaha yang nantinya akan menjadi objek pajak pemerintah, karenanya pemerintah tidak menutup akses untuk investor wasta.

Baca Juga: Pekerja Swasta dan Mandiri Dilarang Mudik Lebaran, Begini Tindak Lanjut Kemnaker

“Ketika industri properti sedang turun, real esatate, marketing turun kenapa tidak mereka bergerak di sana. Kalau mereka dikasih playing ground, mendorong tingkat produktivitas modal mereka, kemudian memperoleh laba, itu kan objek pajak,” kata Suharso.

Baca Juga: Kepulangan Pekerja Migran Jelang Ramadhan dan Lebaran, akan Ditangani Seperti Ini

Suharso mengatakan bahwa sudah lumayan banyak investor swasta yang mendatanginya dan menyatakan kesiapan untuk terlibat dalam proyek IKN.

Halaman:

Editor: Satwika Rumeksa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X