Jasa Marga Catat 150 Ribu Kendaraan Telah Kembali ke Jabotabek Pada H-1 Paskah

- 5 April 2021, 09:14 WIB
Contraflow arus balik libur Paskah.
Contraflow arus balik libur Paskah. /Dok. jasamarga.com

HALLO BOGOR - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 150.550 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada H-1 Hari Raya Paskah atau pada Sabtu 3 April 2021.

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan). Total volume lalin yang menuju Jabotabek ini naik 22,40% jika dibandingkan lalin normal.

Juru bicara Jasa Marga, Dwimawan Heru menjelaskan, bahwa sudah terlihat adanya pola pengguna jalan mulai kembali ke Jakarta pada hari Sabtu 3 April 2021 kemarin. Di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga mencatat lalu lintas tertinggi yang menuju arah Jakarta tersebut mayoritas terjadi pada shift 2, yaitu sekitar pukul 14.00-22.00 WIB.

Baca Juga: La Nyalla Minta Pemerintah Lindungi Pelaku UMKM di Pasar Bebas, Begini Usulannya

“Kami mencatat, jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek sudah lebih tinggi. Jika dibandingkan dengan yang meninggalkan Jabotabek, walaupun secara angka masih naik, namun peningkatannya hanya sekitar 3% jika dibandingkan dengan lalu lintas normal,” jelas Heru dalam keterangan resmi Jasa Marga.

Baca Juga: Capai 100 Persen Energi Terbarukan, Indonesia Butuh Energi 92,6 Gigawatt dari Dua Teknologi Utama Ini

Kemudian, “Lalu lintas kembali ke Jabotabek yang paling tinggi kemarin terjadi di GT Cikampek Utama, yaitu tercatat 37.426 kendaraan dari arah Trans Jawa kembali ke Jabotabek. Angka ini naik 28,95% jika dibandingkan dengan lalu lintas normal di GT Cikampek Utama,” tambah Heru.

Baca Juga: Pembangunan Tol Medan Parapat Bisa Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Ini Kata Pengamat

Heru berharap dengan adanya distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek yang telah terjadi sejak hari Sabtu kemarin, dapat mengurangi kepadatan di jalan tol yang berpotensi terjadi hari Minggu, 4 April 2021.

Halaman:

Editor: Wowo Ario Sungkowo

Sumber: Jasa Marga


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X