Ini Daftar 29 Tipe Kendaraan yang Berhak Menerima Insentif Relaksasi PPnBM dari Pemerintah

- 3 April 2021, 14:35 WIB
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita.
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. /Twitter.com/@Kemenperin_RI

 

HALLO BOGOR - Mulai 1 April 2021, Pemerintah telah memperluas dan memberlakukan kebijakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP)  pada Kendaraan roda 4 yang awalnya diperuntukan kendaraan dengan kapasitas 1.500 cc , kini diperluas hingga pada kendaraan dengan kapasitas mesin 2.500 cc.

Kini kebijakan perluasan tersebut juga dikenakan pada 29 tipe mobil yang yang berhak mendapatkan intensif atau diskon PPnBM dari pemerintah dari awalnya hanya 21 tipe mobil yang berhak mendapat diskon PPnBM.

”Melalui perluasan tersebut, kini ada 29 tipe mobil yang bisa memanfaatkan diskon PPnBM dari awalnya hanya 21 tipe,” ujar Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Jumat, 02 April 2021.

Baca Juga: Redam Penyebaran Hoax, Simak 5 Tips Cek Fakta dari Google agar Tidak Sembarang Share

Hal itu, didasari dari Surat Keputusan Menteri Perindustrian (Kemenperin) Nomor 839 Tahun 2021, tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas penyerahan barang kena pajak yang tergolong mewah ditanggung oleh pemerintah pada tahun anggaran 2021.

Baca Juga: Google Mengibahkan Dana Senilai Rp350 Miliar ke Eropa, Begini Maksud dan Tujuannya

Menurut Kemenperin, varian mobil tersebut diproduksi oleh perusahaan industri otomotif di tanah air, yakni PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor.

Baca Juga: Raih Kontrak Prestisius Senilai US,3 Juta, Ini yang Akan Dikerjakan PLN di Kuwait

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X