Penguatan Trio Metal dan Aksi Beli Asing Akhirnya Mampu Dongkrak IHSG di Akhir Pekan

- 27 Maret 2021, 11:01 WIB
Aksi beli investor asing dan trio metal dongkrak IHSG ke zona hijau.
Aksi beli investor asing dan trio metal dongkrak IHSG ke zona hijau. /Dok. IDX Chanel

HALLO BOGOR - Aksi beli yang dilakukan investor asing berhasil medongkrak pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada akhir pekan menghijau setelah empat hari berturut berada pada zona merah.

IHSG ditutup menguat 72,69 poin atau 1,19 persen ke posisi 6.195,56. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 14,16 poin atau 1,53 persen ke posisi 938,83.

"Hari ini IHSG ditutup menguat sejalan dengan pergerakan bursa global. Di samping itu, penguatan IHSG dipimpin oleh sektor mining yang menguat cukup baik terlebih oleh trio metal ANTM, INCO, TINS dengan adanya katalis pembentukan holding baterai Indonesia," kata analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana di Jakarta, Jumat.

Baca Juga: Nominal Beasiswa KIP Untuk Kuliah 2021 Bakal Dinaikkan, Segini Besaran Angkanya

Selain itu, lanjut Herditya, dari sisi teknikal juga mendukung adanya "technical rebound" pada IHSG. Selama sepekan ke depan,  IHSG diprediksi masih bergerak menguat terbatas dengan rentang 6.120-6.240.

Baca Juga: Ini Tanggapan PBNU Terkait Keputusan Melarang Mudik pada Lebaran Tahun 2021

Perdagangan akhir pekan ini dimulai dengan kondisi zona hijau. IHSG relatif nyaman berada di teritori positif pada sesi pertama dan sesi kedua perdagangan saham. Seperti dikutip Hallobogor.com dari Antara.

Baca Juga: Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Sejauh 1.300 Meter, Sabtu Pagi Ini

Berdasarkan Indeks Sektoral IDX-IC, seluruh sektor meningkat dimana sektor teknologi naik paling tinggi yaitu 5,64 persen, diikuti sektor transportasi & logistik dan sektor barang baku masing-masing 1,87 persen dan 1,64 persen.

Baca Juga: Libur Paskah di Akhir Pekan, Satgas Penanganan Covid-19 Ingatkan Soal Potensi Mobilitas

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X