Produsen Respons Positif, Keputusan yang Tidak Naikkan Tarif Cukai Sigaret Kretek Tangan

- 26 Maret 2021, 10:24 WIB
Masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada industri SKT sebenarnya bukan buruh saja, tetapi juga usaha kecil lainnya.
Masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada industri SKT sebenarnya bukan buruh saja, tetapi juga usaha kecil lainnya. /ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

HALLO BOGOR – Paguyuban Mitra Produksi Sigaret Indonesia (MPSI) menilai keputusan pemerintah untuk tidak menaikkan tarif cukai Sigaret Kretek Tangan (SKT) merupakan upaya bijaksana untuk menjaga keberlangsungan industri hasil tembakau (IHT) dan juga tenaga kerja di dalamnya.

"Dengan kondisi IHT yang terus terpuruk terlebih ditengah pandemi Covid-19, keputusan Kemenkeu untuk tidak menaikkan cukai SKT membuat kami bisa sedikit bernafas dan sangat berterima kasih kepada pemerintah," ujar Ketua MPSI Sriyadi Purnomo melalui keterangannya di Jakarta, Rabu, 24 Maret 2021.

Menurut dia, kehidupan ekonomi masyarakat di daerah sentra tembakau turut terstimulasi dengan kebijakan tarif cukai SKT nol persen yang diumumkan oleh Menteri Kauangan pada awal Desember 2020 lalu.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Pengaturan Barang Kena Cukai, KPK Geledah BP Free Trade Zone Bintan

"Masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada industri SKT sebenarnya bukan buruh saja, tetapi juga usaha kecil lainnya yang menyediakan kebutuhan dari para buruh itu, seperti warung makan, tukang ojek dan lain-lain. Jadi kalau buruh SKT aman, usaha kecil di sekitarnya juga aman," kata Sriyadi.

Baca Juga: Terbesar di Pulau Madura, Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Pamekasan Raih Rp64,5 Miliar

Pihaknya optimistis pemerintah akan senantiasa memperhatikan kelangsungan industri hasil tembakau, khususnya sektor SKT.

Baca Juga: Chef Devina Hermawan Berbagi Resep Menu Pannacotta, Simak Demonya Secara Rinci

Menurutnya, program pemulihan ekonomi yang dicanangkan pemerintah sejalan dengan upaya penyelamatan terhadap sektor yang padat karya tersebut.

Baca Juga: 70 Ribu UMKM di Kota Bandung Belum Terima Bantuan, Pemkot Ambil Solusi Begini

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X