OJK Sebut Pandemi Covid-19 Membaik, Pertumbuhan Kredit Bank Bakal Terus Naik

- 26 Maret 2021, 08:28 WIB
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso.
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso. /Dok. OJK

HALLO BOGOR - Pertumbuhan kredit Bank Asing maupun Bank Umum Swasta Nasional (BUSN) hingga Februari 2021 menunjukkan peningkatan meski minus.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dalam temu Stakeholder untuk Pemulihan Ekonomi Nasional mengatakan, balance kredit (saldo kredit) untuk BUSN hingga Februari 2021 minus 5 persen, sedangkan bank asing mencapai minus 25 persen.

Meski begitu menurut Wimboh, pertumbuhan kredit sudah terlihat positif di kelompok Bank BUMN dan BPD. Sebaliknya, pertumbuhan kredit di Bank Umum Swasta Nasional dan Bank Asing masih minus.

Baca Juga: Ronaldo Frustasi Bawa Hasil Kemenangan yang Hemalukan, Hasil Portugal Lawan Azerbaijan

“Pertumbuhan kredit yang sudah positif di BUMN sekitar satu persen dan BPD 5,6 persen. Justru bank swasta nasional dan bank asing yang balance kreditnya masing-masing minus 5 persen dan minus 25 persen," ujarnya di Jakarta, Kamis, 25 Maret 2021.

Baca Juga: Jokowi Perkenalkan Menteri BUMN Erick Thohir Sebagai Pemilik Klub Sepakbola Persis Solo

"Jadi kami menaruh perhatian betul untuk yang swasta ini, kenapa demikian? Akan kami lihat secara detail, debitur per debitur, kenapa?, dan ini tugas OJK supaya ada jawabnya,” tambah Wimboh.

Baca Juga: Selamat Jalan Arbi Sanit, Pakar Ilmu Politik Itu Telah Berpulang di RSCM Karena Sakit

Wimboh Santoso mengakui pertumbuhan kredit masih rendah pada tri wulan pertama, awal tahun ini. Tercermin dari pertumbuhan kredit sampai Februari 2021 tercatat 2,15% secara year on year (yoy). 

Baca Juga: Ini Alasan Menkeu Sri Mulyani Optimistis, Tahun 2021 Pertumbuhan Ekonomi Bisa Positif

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X