Ini, Tiga 'Jembatan' Indonesia dan Singapura yang Mempokoh Hubungan Bilateral Keduanya

- 13 Maret 2021, 14:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. /Instagram.com/@airlanggahartarto_official

HALLO BOGOR - Pemerintah Indonesia dan Singapura mencapai kesepakatan untuk memperkokoh hubungan bilateral kedua negara dengan membangun tiga “jembatan” untuk memperkuat eksistensi kedua negara di kawasan ASEAN dan internasional.

Kesepakatan tersebut tercapai dalam pertemuan para petinggi kedua negara yang berlangsung secara virtual, Jumat, 2 Maret 2021.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan ketiga “jembatan” yang dimaksud adalah jembatan digital, jembatan infrastruktur dan jembatan travel bubble.

Baca Juga: Begini, Unggahan Anang, Ashanty dan KD, Menjelang Acara Lamaran Aurel Hermansyah

“Jembatan digital Indonesia dan Singapura diharapkan dapat terwujud dengan keberadaan Batam sebagai pusat pengembangan data center dan pusat pengembangan industri digital di Indonesia,” ujar Airlangga selepas pertemuan.

Baca Juga: Refly Harun Tanggapi Soal Kisruh Partai Demokrat, Begini Permintaannya kepada Presiden

Sebagaimana diketahui, lanjut Airlangga, pada tanggal 2 Maret 2021 telah diresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park di Batam yang diharapkan akan menjadi entry point bagi perusahaan teknologi informasi internasional dari Singapura dan mancanegara.

Baca Juga: Garuda Indonesia, Beri Doble Diskon, Begini Penjelasan Dirut Irfan Setiaputra

KEK Nongsa Digital Park ini diharapkan dapat menghemat devisa negara dalam bisnis digital hingga Rp20 – 30 triliun per tahun dengan kontribusi terbesar dari sektor data center dan pendidikan internasional," kata Airlangga.

Baca Juga: Baru Pertama Kali Terjadi di Grammy Awards, Sederet Artis Lakukan Gerakan Ini

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X