Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional, BNI Pangkas Suku Bunga Kredit Hingga 2,9 Persen

- 3 Maret 2021, 16:58 WIB
Karyawan Bank BNI yang sedang melayani nasabah yang ingin melakukan transaksi. /Dok. bni.co.id

HALLO BOGOR - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) memutuskan memangkas suku bunga kredit berkusar 2,9 persen untuk mendorong percepatan pertumbuhan kredit dan pemulihan ekonomi di tahun 2021.

Langkah bank plat merah ini tidak bisa dilepaskan dari gebrakan pemerintah dengan pembebasan pajak hingga DP nol persen untuk kredit kendaraan bermotor.

Menurut Direktur utama BNI, Royke Tumilaar, suku bunga kredit yang diturunkan antara lain, kredit konsumsi nkn KPR hingga kredit korporasi.

Baca Juga: Banyak UMKM yang Menghadapi Masa Sulit, Bank BNI Menawarkan Strategi dan Solusi Ini

"Pertumbuhan kredit penting artinya bagi pemulihan ekonomi pada tahun 2021, di mana Presiden RI Joko Widodo telah mencanangkan sebagai tahun pemulihan dari pandemi," kata Royke dalam pernyataan di Jakarta, Rabu, 3 Maret 2021.

Baca Juga: Ini Stimulus Moneter yang Diberikan Bank Indonesia untuk Dorong Pemulihan Ekonomi

Royke memaparkan penurunan suku bunga kredit yang berlaku sejak 28 Februari 2021 tersebut mencakup kredit konsumsi Non KPR yang ditetapkan 8,75 persen atau turun dibandingkan akhir Desember 2020 yaitu 11,7 persen.

Baca Juga: Dalam Situasi Sulit, Kinerja Intermediasi Bank BRI Berjalan dengan Sangat Baik

Selain itu, ia menambahkan, kredit KPR juga ditetapkan turun hingga 7,25 persen dibandingkan posisi akhir tahun 2020 sebesar 10 persen dan kredit ritel menjadi 8,25 persen atau lebih rendah dari akhir Desember 2020 sebesar 9,8 persen.

Baca Juga: Harus Terbuka dan Inklusif, Jokowi Minta Bank Syariah Indonesia Tidak Hanya Bagi Umat Muslim

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X