Kementerian Terkait Diminta Segera Lakukan Sinkronisasi Penerbitan Regulasi Soal Sawit

- 2 Maret 2021, 15:10 WIB
Ilustrasi Kebun Kelapa Sawit. /Pixabay.com/sarangib

HALLO BOGOR - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) berharap pemerintah segera mengatur regulasi teknis di level kementerian dan lembaga untuk perkebunan sawit yang berada dalam kawasan hutan.

"Apkasindo mendorong agar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Pertanian segera melakukan sinkronisasi penerbitan regulasi terkait," kata Ketua Umum Apkasindo Gulat ME Manurung di Jakarta.

Sinkronisasi antara Presiden, Peraturan Menteri, dan peraturan Direktur Jenderal yang mengatur tentang sawit," imbuhnya, seperti dikutip Hallobogor.com dari Antara.

Baca Juga: Menunggu Wolves Menghentikan Laju Kemenangan Manchester City yang ke-21

Asosiasi berharap agar regulasi teknis dapat segera diterbitkan khususnya untuk Program Peremajaan Sawit (PSR) atau penanaman kembali sebagaimana diharapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai kegiatan Program Strategis Nasional (PSN) dan pemulihan ekonomi pandemi COVID-19.

Baca Juga: Kelelahan Virtual atau Zoom Ada dan Nyata, Berikut Ini Kiat Jitu Mengatasinya

Selain itu, Apkasindo juga berharap diterbitkan regulasi yang mengatur agar pemerintah mengurus sertifikasi ISPO (Indonesia Sustainable Palm Oil) sebagai syarat wajib Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2020 tentang Sistem Sertifikasi Perkebunan Berkelanjutan Indonesia.

Baca Juga: Menkes Mendukung Pelaksanaan Pendidikan Tatap Muka Langsung, Ini Syarat yang Diminta

Khusus untuk regulasi yang mengatur tentang perhutanan sosial, Gulat berharap peraturan agar dapat memberikan akses legal bagi petani sawit dalam melaksanakan perkebunan dan mengikuti program PSR dan ISPO.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X