Menantang Telkomsel, Merger Indosat-Tri akan Mengubah Lanskap Persaingan Operator

- 21 Februari 2021, 13:42 WIB
Indosat punya Skor Pengalaman Video yang Fair (40-55) di semua wilayah kecuali Jawa. /Instagram.com/@inna_tszoebier


HALLO BOGOR - Indosat Ooredo melakukan negosiasi dengan operator seluler Hutchison 3 Indonesia. Kerjasama ini diperkirakan akan memperkuat posisi mereka masing-masing di pasar Indonesia yang sangat kompetitif.

Menurut analis perusahaan pemetaan cakupan nirkabel Opensignal, Francesco Rizzato, merger ini akan menantang operator selular terbesar Telkomsel.

Menurut blog resmi Opensignal pada Minggu, 21 Februari 2021 jika merger kedua operator seluler selesai, konsumen perlu menunggu berbulan-bulan bahkan tahunan sebelum dapat melihat semua manfaat.

Baca Juga: Penyerang AC Milan Zlatan Ibrahimovic Terima Pelecehan Rasial, Red Star Minta Maaf

Rizzato menjelaskan biasanya operator membutuhkan waktu untuk mengintegrasikan jaringan yang ada dan menciptakan sinergi. Meski demikian, katanya, beberapa perubahan bisa datang lebih cepat.

Baca Juga: Kapal Ferry Tebas Perigi Piyai Terbalik, Seorang Anak Kecil Berhasil Selamat

Analis Opensignal menggabungkan pengalaman pengguna operator Indosat dan 3 (three) untuk memahami potensi gabungan jika Indosat dan 3 (three) menjadi satu operator.

Baca Juga: 1.109 Jiwa Terdampak di Cipinang Melayu, BNPB Dukung Penanganan Darurat Banjir Jakarta

Analisanya meskipun Indosat mencetak kecepatan unduh dan unggah rata-rata lebih cepat dibandingkan dengan operator 3 (three), namun operator ini menunjukkan pengalaman lebih baik pada metrik yang mengukur pengalaman streaming video dan gaming online. Demikian seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Sekda Kabupaten Bogor Sinergikan Rencana Aksi Pembangunan KEK Lido, Ini Rencananya

Halaman:

Editor: Satwika Rumeksa

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X