Pemerintah Dorong Pelaku UMKM Masuk Pasar Global Melalui Kolaborasi Seperti Ini

- 19 Februari 2021, 21:06 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. /Dok. Kemendag.go.id

HALLO BOGOR - Pemerintah terutama Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berkolaborasi mendukung pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menembus pasar ekspor.

“Sesuai arahan Presiden RI kepada Kemendag, kami akan terus mendorong pelaku UKM memasuki pasar ekspor," kata Mendag Muhammad Lutfi, di Jakarta

Diperlukan kolaborasi antara Kemendag, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, guna mendukung para pelaku UKM memasuki pasar internasional,” imbuhnya.

Baca Juga: Jakarta Pastikan Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 Siap Dilakukan, Termasuk untuk Lansia

Mendag mengatakan, ada sejumlah hal yang diperlukan untuk mendorong UKM eksportir, antara lain identifikasi produk-produk UKM yang akan diangkat ke pasar internasional.

Baca Juga: Gluten Tidak Berbahaya bagi Lambung, tapi bagi yang Sensitif Bisa Timbulkan Reaksi Ini

Juga konsistensi kualitas produk yang dihasilkan pelaku UKM, kemudahan perizinan, serta informasi mengenai pasar potensial yang akan dituju.

Baca Juga: Ini yang Harus Dilakukan Ketika Anak Pilih-pilih Makanan, Pengalaman Alyssa Soebandono

“Dengan identifikasi yang cermat dan dilakukan bersama kementerian, lembaga, serta asosiasi terkait, diharapkan kita dapat mengembangkan berbagai produk UKM potensial agar bisa berjaya di pasar global,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Sumber: Sekretariat Kabinet RI


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X