Menkeu Sri Mulyani Sebut Ekonomi Kita Relatif Moderat Dibandingkan Negara Lain

- 15 Februari 2021, 21:26 WIB
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati. /Facebook.com/Sri Mulyani Indrawati

HALLO BOGOR - Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai bahwa Pemerintah Indonesia mampu menangani pandemi Covid-19 lebih baik dibandingkan beberapa negara yang tergabung pada G20 maupun ASEAN.

Penilaiannya tersebut dilandasi oleh presentasi kontraksi ekonomi di tanah air yang sebesar 2,07 persen (yoy) pada 2020 masih relatif moderat dari negara-negara lain yang juga terdampak pandemi.

“Kalau kita lihat dari sisi kondisi ekonomi Indonesia sebetulnya masih relatif moderat dibandingkan negara-negara baik G20 maupun ASEAN,” katanya dalam Rapim TNI-Polri 2021 di Jakarta, Senin 15 Februari 2021.

“Ada juga negara yang lebih baik dari kita seperti Vietnam, China, dan Korea Selatan namun hampir sebagian besar negara G20 atau negara ASEAN mereka jauh lebih dalam dampak perekonomiannya akibat pukulan Covid-19,” lanjutnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Menjadi Co-Chair Koalisi Menkeu Dunia untuk Aksi Perubahan Iklim

Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani Surat Berharga Syariah Negara untuk Biayai Infrastruktur

Sri Mulyani menuturkan, selama ini pemerintah menetapkan langkah-langkah dengan mengutamakan prinsip kehati-hatian sehingga kontraksi ekonomi cukup moderat.

Selain itu, katanya, defisit APBN sebesar 6 persen, juga relatif lebih kecil dibanding negara lain yang kebanyakan di atas 10 persen, seperti  Amerika Serikat (AS) mendekati 15 persen dan Perancis 10,8 persen.

Ia menjelaskan, tingginya defisit dalam suatu negara menunjukan utang yang dimiliki negara tersebut juga semakin banyak. Demikian seperti dikutip Hallobogor.com dari Antara.

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X