Beras Surplus 6,5 juta Ton, Stok Bahan Pokok untuk Natal dan Tahun Baru Aman

- 24 Desember 2020, 13:11 WIB
Pekerja bersiap memanggul satu karung beras, di Gudang Perum Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis, 26 November 2020. /ANTARA FOTO/Galih Pradipta

HALLO BOGOR - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan bahwa ketersediaan bahan pokok untuk menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 dalam kondisi aman dan terkendali.

Berdasarkan perkiraan ketersediaan beras dan kebutuhan pangan pokok dan strategis nasional sampai dengan akhir Desember 2020 masih tersedia dengan baik.

Ketersediaan beras misalnya surplus 6,5 juta ton, jagung surplus 1,5 juta ton, daging sapi surplus 131 ribu ton, dan daging ayam 275 ribu ton. 

Baca Juga: Pemerintah Optimis Pemulihan Ekonomi di Tahun 2021, Ini Indikator-indikator Positifnya

“Pangan dasar yang kita kendalikan itu ada 11 dan semuanya dalam kondisi aman. Jadi ada beras, ada jagung, ada gula pasir, ada daging, dan ada juga kebutuhan pokok lainnya," kata Mentan.

"Insyaallah 11 komoditi ini aman sampai akhir tahun mendatang,” ujarnya, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Pertanian RI Kamis, 24 Desember 2020.

Mentan mengatakan, kecukupan sebelas bahan pokok ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak, termasuk koordinasi satu data satu pintu dengan Bulog dan Kemendag di bawah koordinasi langsung Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian.

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Dorong Lebih Banyak Perempuan Jadi Bos BUMN

“Masalah ketahanan pangan adalah masalah yang paling dalam, paling kompleks, namun juga strategis. Karena itu saya tidak boleh salah prediksi atau salah mengolah data," katanya.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: Kementerian Pertanian RI


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X