Atasi Kekurangan Ruang Inap, Dinkes Bogor Usulkan 40 Puskesmas Jadi RS Tipe D

- 8 Juni 2021, 23:33 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Milke Kaltarina.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Milke Kaltarina. /Dok. bpsdm.kemendagri.go.id

HALLO BOGOR - ​​​​​​ Untuk mengatasi minimnya fasilitas rawat inap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat melakukan gerak cepat mengusulkan 40 Puskesmas di wilayahnya naik status menjadi rumah sakit (RS) tipe D.

Usulan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Milke Kaltarina di Cibinong, Bogor, Selasa, 8 Juni 2021.

Dia menyebutkan bahwa dari 101 Puskesmas saat ini tersebar di 40 kecamatan, 40 di antaranya telah berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Baca Juga: Santri Terpapar Covid-19 Jadi 65 Orang, Bima Arya Tutup Sementara Ponpes Bina Madani

"BLUD itu kita harapkan jadi rumah sakit tipe D untuk bisa mengkover pasien rujukan. Belum sampai ke rumah sakit tipe C, masih kita kaji," kata Mike.

Dia menambahkan beberapa rumah sakit yang telah berstatus BLUD itu memiliki fasilitas rawat inap, seperti di kecamatan Jasinga, Jonggol, Parung, dan Cigombong.

Mike merinci, saat ini rasio ketersediaan tempat tidur di kabupaten Bogor masih minim, karena idealnya kabupaten Bogor seharunya memiliki sekitar 6.000 tempat tidur.

Baca Juga: Wakil Bupati Bogor Saksikan Pemberian Vaksin Covid-19 Terhadap Karyawan TSI Cisarua

Dengan asumsi per 1.000 penduduk satu tempat tidur. Sedangkan pada saat ini  baru tersedia sebanyak 3.250 tempat tidur. Kondisi ini dia anggap masih kurang, sehingga dia akan mengusukan tingkatkan fasilitas di puskesmas.

Halaman:

Editor: Wowo Ario Sungkowo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X